Minggu, 20 Januari 2013

WISATA BUDAYA ANGKLUNG SEBUAH PESAN SENI DALAM TRADISI MODERN


Berbicara mengenai wisata budaya daerah, wisata budaya nasional, dan wisata budaya global banyak kita akan menemukan versi pendapat dari para pencetus dan penggagas konsep seperti wisata budaya ini. Inti dari wisata budaya itu sendiri merupakan pengenalan suatu jati diri bangsa yang terdiri dari sekelompok manusia yang disatukan dalam suatu wilayah yang senantiasa berproses, berkembang, bahkan melakukan suatu perubahan.


Wisata budaya merupakan salah satu perjalanan wisata yang memiliki konsep edukatif tentang suatu tradisi dan kesenian budaya suatu daerah. Dalam hal ini kita dapat mengunjungi suatu tempat pembinaan khusus kesenian tradisional di salah satu wilayah yang terdapat di daerah Bandung, Jawa Barat, Indonesia, yaitu pusat pembinaan dan pengembangan alat musik tradisional "angklung", dimana angklung yang dikenal sebagai alat kesenian tradisional dari negeri Pasundan Jawa Barat, Indonesia.

Pengalaman menarik pada saat penulis hadir bersama para peserta wisata ke salah satu pusat pembinaan kesenian tradisional angklung di wilayah Bandung, Jawa, Barat, Indonesia. Dimana kita dapat melihat dengan jelas sisi-sisi penggalian dan pengkajian peningkatan dalam peragsangan kreativitas terbentuk dalam suatu fenomena aura unik yang sangat mengasyikan untuk di lihat, disentuh, dimainkan, dan dirasakan 

Infromasi yang penulis dapatkan dari hasil pertemuan dengan beberapa rekan budayawan dan kraetifitas seni dilokasi bahwa suatu pembangunan di bidang kebudyaaan dapat dikatakan berhasil apabila suatu daerah dapat memperlihatkan perubahan peningkatan mutu dan jumlah, baik pada karya-karya budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakatnya.

Adapun contoh kegiatan wisata budaya yang dilakukan penulis bersama klien pada saat melakukan  kunjungan di salah satu objek wisata budaya dapat di lihat dari sebuah hasil rekaman dan pengkajian yang penulis kemas menjadi informasi multimedia dibawah ini yang dapat disebarluaskan untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan apresiasi, dan memperdalam pemahaman tentang salah suatu konsep perjalanan wisata budaya dengan ikut mempromosikan kesenian tradional angklung yang dimiliki masyarakat internasional sebagai hasil karya tangan dingin anak bangsa Indonesia yang telah di akui olehUNESCO.


http://ejawantahtour.blogspot.com/2013/01/wisata-budaya-angklung-sebuah-pesan.html

0 komentar:

Posting Komentar