Sabtu, 19 Januari 2013

Karimun Jawa



Indonesia memang surga bagi para penikmat pesona alam. Gunung kokoh menjulang tinggi, laut biru lengkap dengan hamparan pasir putihnya, serta sawah hijau bak permadani memang menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan keunikan dan keragaman budaya, membuat Indonesia wajib menjadi destinasi utama setiap pelancong baik lokal maupun internasional. Salah satu kekayaannya tersimpan di Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Utara kota Semarang. Kepulauan yang menyimpan hamparan pasir putih dan terumbu karang ini terdiri dari 27 pulau-pulau kecil yang memikat.

Setelah menempuh perjalanan laut selama 3 jam dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang atau Pelabuhan Kartini, Jepara, Anda akan langsung disuguhi pemandangan laut biru dengan pasir putih serta barisan pohon kelapa yang melambai menyambut kedatangan Anda. Menengok ke bawah laut, Anda akan disuguhkan dengan birunya air jernih yang dapat terlihat ikan-ikan melintas didalamnya.
Sebagian dari pulau-pulau di Kepulauan Karimunjawa adalah pulau yang berpenduduk, seperti Pulau Nyamuk, Pulau Parang, Pulau Genting dan Pulau Kemujan. Sisanya adalah pulau kosong yang tidak berpenghuni. Selain menawarkan pesona laut yang memukau, Karimunjawa juga menjadi rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai serta hampir 400 spesies fauna laut yang diantaranya terdapat 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka juga tinggal di kepulauan ini seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Dengan segudang kelebihan tersebut maka tak heran jika Kepulauan Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah daerahJepara sebagai Taman Nasional sejak  15 Maret 2001.
Karimunjawa menawarkan pemandangan alam yang indah dengan keunikannya masing masing diantara pulau-pulaunya. Di setiap pulau pasti menyimpan spot menarik untuk snorkling atau diving. Beberapa diantaranya yang paling sering dikunjungi para wisatawan adalah Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Kecil, Pulau Cemara Besar dan Pulau Tanjung Gelam.
Menikmati keindahan Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Beragam keindahan pantai dan biota laut semakin indah dengan pesona pemandangan sore dikala matahari terbenam. Selain itu, aneka kuliner dan juga keramahan penduduk lokal menambah indahnya perjalanan ke salah satu dari ribuan pesona di bumi pertiwi ini.
http://palingindonesia.com/menikmati-indahnya-karimunjawa/

0 komentar:

Posting Komentar