Minggu, 20 Januari 2013

Jamu Tradisional Di zaman Modern



Walaupun kemajuan industri farmasi meningkat pesat dan perlahan-lahan menggeser peran jamu tradisional di masyarakat, jamu tak pernah mati. Peminatnya masih tetap banyak dan semuanya terdiri dari berbagai golongan usia. Dengan tingginya tingkat persaingan bisnis di bidang obat-obatan dan herba,baguskah prospek jamu tradisional di masa depan?

Jamu tradisional yang lazim juga disebut herba atau herbal adalah ramuan tradisional dari bahan alami seperti tanaman dan juga bagian tubuh hewan. Sangat jelas bahwa lahirnya suatu ramuan tradisional bukanlah proses yang singkat melainkan sudah sejak lama di lakukan percobaan oleh leluhur di zaman dahulu.
Mengapa jamu tradisional masih tetap bertahan sampai dengan saat ini? Setidaknya ada 3 penyebabnya :

-Pertama : makin banyak yang tertarik untuk meneliti bahan-bahan alami.
-Kedua : makin banyak orang yang memercayai khasiat bahan alami.
-Ketiga : gaya hidup back to nature yang melanda dunia.

Kini jamu tradisional bersaing ketat dengan obat-obatan herba dari luar negeri. Walaupun begitu jamu tradisional tidak kehilangan keunikannya,karena jamu dalam negeri atau produk indonesia selalu memanfaatkan keanekaragaman hayati sebagai obat-obatan.

Berikut ini beberapa manfaat bila mengonsumsi jamu tradisional :

-mengatasi gangguan tidur
-menambah nafsu makan
-mengatasi pegel linu
-mengatasi rematik
-menjaga stamina dan kestabilan tubuh

Maka, mari kita segenap masyarakat indonesia tetap menjunjung tinggi warisan leluhur yang dalam hal ini berhubungan dengan jamu tradisional. Kita saling bahu-membahu memasyarakatkan jamu dengan cara persuasif, promotif, dan informatif.





http://takunik.blogspot.com/2012/12/jamu-tradisional-warisan-indonesia.html

0 komentar:

Posting Komentar