Minggu, 20 Januari 2013

PENGINAPAN PARA BACKPACKER DI YOGYAKARTA

Kampung Prawirotaman Yogyakarta, mungkin nama ini tidak asing bagi para pecinta petualang wisata atau yang sering dikenal dengan nama Backpacker. Dengan banyaknya para wisatawan mancanegara maupun domestik yang berkunjung keKampung PrawirotamanYogyakarta, membuat rasa keingin tahuan penulis untuk mencari tahu tentang sejarah dan daya tarik objek Kampung Prawirotaman tersebut.



Kawasan Kampung Prawirotaman Yogyakarta bermula dari sebuah cerita seorang yang bernama Prawirotomo yang menerima hadiah sepetak tanah dari Keraton Yogyakarta. Sebelum kemerdekaan, Prawirotaman merupakan tempat berkumpulnya laskar pejuang. Dan pada tahun 60-an, kampung ini dikenal sebagai pusat industri batik cap yang dikelola oleh keturunan Prawitomo.

Keloyalan Prawirotomo pada Keraton Yogyakarta luar biasa. KetikaKeraton Ngayogyakarta Hadiningrat menjadi bagian dari Republik Indonesia, keluarga Prawirotomo mengikuti langkah itu. Konsekuensinya tidaklah ringan, karena tanah keluarga harus dijadikan markas perjuangan Republik Indonesia. dan yang lebih menyedihkan bangunan rumah yang gagah berdiri, sudah pasti banyak lubang karena peluru yang ditembakan penjajah koloni pada masa waktu itu.

Menurut informasi yang penulis dapatkan dari seorang sesepuh di daerah setempat yang tidak mau disebutkan namanya. Konon pada waktu masa perjuangan ada sekelompok pejuang digdaya yang tahan peluru dan bisa menghilang yang tinggal di daerah Prawirotaman ini, Nama kelopok tersebut terkenal dengan julukan Prajurit Laut.

Sesuai dengan julukannya, pasukan itupun datang bagai hantu dan langsung memorak-porandakan pasukan Hindia Belanda. Dan pasukanPrajurit Laut ini tinggal di sisi Prawirotaman bagian selatan. Maka bila kita datang ketempat ini kita akan mememukan sebuah monumen kecil disudut Kampung Prawirotaman, yang mana monumen ini didirikan untuk mengenang jasa keberanian pasukan Prajurit Laut 

Saat gairah nasionalisme merebak pada tahun 60-an yang diterjemahkan dengan berdiri di atas kaki sendiri, Kampung Prawirotaman menjadi basis batik cap. Produk lokal yang mendapat tempat di pasar Yogyakarta. Ribuan cap batik dari tembaga dimilki oleh keturunan keluarga Prawirotomo.

Mulai dari sinilah, ratusan kilogram batik beredar di pasar-pasar sekitarYogyakarta, Bantul, Purworejo, dan Sleman. Industri ini menyedot puluhn tenaga lokal. Prawirotaman menjadi salah satu sentra ekonomi besar di Kota Yogyakarta.Masa emas ini berlangsung tidak lama, dan hanya satu dekade saat kain dan pakaian jadi impor membanjiri Indonesia pada tahun 1970-an. Industri Batik Cap Prawirotamo pun meredup bagai sinar lampu sentir.

Ketika industri batik cap makin meredup, pada tahun 70-an, para keturunan Prawirotomo mulai beralih haluan usaha dengan membuka jasa penginapan. Sejak itulah Prawirotaman mulai dikenal sebagai kampung para wisatawan.untuk bermalam. Hingga saat ini, kebanyakan penginapan di Kampung Prawirotaman masih dikelola oleh keturunanPrawirotomo yang terdiri atas tiga keluarga besar, yaituWerdoyoprawiroSuroprawiro, dan Mangunprawiro.

Selalu ada jalan keberkahan di balik setiap musibah. Setelah mereka beralih haluan usaha. Dari setiap rumah produksi batik dialihkan menjadi rumah penginapan bagi setiap wisatawan yang berkunjung di daerah ini.. Hingga sekarang tempat ini berkembang pesat dan maju  hingga terkenal di mancanegara..

Salah satu penyebab banyak para wisatawan  memilih tempat penginapan di Kampung Prawirotaman dikarenakan tempatnya sangat strategis dan terletak di jalur wisata Yogyakarta. dan jika kita memilki wktu senggang, kita bisa melakukan petualangan wisata sejraha dan budaya di Kota Yogyakarta. Mulai pagi-pagi kita dapat berjalan mengarah ke utara, melewati alun-alun kidul, menembus Tamansari, berbelok ke kampung Kauman, dan setelah itu kita dapat menuju ke Keraton Ngayogyakarta. Dan kita dapat melajutkan perjalanan wisata di kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaran tradisional yaitu becak atau pun andong,

Ada cerita dibalik setiap peristiwa, namun ada pesan dari setiap objek wisata yang dapat kita nikmati di Kota Yogyakarta. Semoga artikel secerhana ini dapat memberikan informasi bagi setiap sahabat yang akan mengunjungi Kota Yogyakarta.



http://ejawantahtour.blogspot.com/2012/09/kampung-prawirotaman-lokasi-penginapan.html

0 komentar:

Posting Komentar